Friday, 5 September 2008

tips mengatasi kesepian



Assalamualikum...

Setelah ngomong – ngomong tentang kesepian bersama teman saya kemarin, saya jadi tergerak untuk menulis sesuatu di blog. Pengalaman saya dalam melawan kesepian yang saya rasa udah menjadi bagian dari kehidupan manusia dari zaman dahulu. Mungkin ada orang yang bisa dan bahagia hidup sendiri, tp harus di akui sebagian besar orang selalu mengalami masalah kesepian. Memang berat hidup sendiri sih :P

Oke, kita mulai aja langsung :

1. Kesepian atau sendirian?

Ini yang perlu di di analisa pertama kali. Beda loh kesepian dengan sendirian. Kesepian itu perasaan sepi. Sendirian itu memang anda cuman sendiri. Kesepian bisa berarti seperti tikus kelaparan di lumbung padi. Banyak orang di sekitarnya tetapi tetap merasa sepi. Sedangkan sendirian bisa aja cuman sendiri, tp tidak merasa sepi.

Kalau sendirian, jawabannya tentu pasti cari teman, bergaul tepatnya. Susah kan cari teman? Pertama percaya dulu klo kamu tuh bisa! Bagaimanapun rasanya atau benarnya jelek dirimu, bego, tolol dll dsb ( saya contohnya ) akan ada selalu teman di dunia ini yg cocok untukmu. Jadi jangan khawatir ga mampu dapet teman. Pasti bisa koq. Yang masalah, cuman kamu mau atau tidak?

Kalau kesepian, berarti kamu merasa sendirian padahal kamu ga sendirian kan? Jadi solusinya jelas. Buang rasa sendiriannya itu! Ada 2 cara. Pertama perbaikkin hubungan dengan orang – orang yang ad di sekeliling mu, atau yang kedua, cari teman baru yang cocok atau yang kamu merasa lebih comfort. Sediki sharing nih, dari pengalaman gw sih biasanya orang yang kesepian itu bukan karena orang di sekelilingnya buruk atau ga cocok, tetapi karena kita ga pernah mau menerima mereka sebagai teman mrk. Mrk kan yg jauhin kita, masa kita yang ga nerima mereka? Yah, itu kan pemikiranmu, skrg coba tenangkan dirimu, perhatikan kenapa mrk ga mau deket ma kamu. Koreksi diri kalau ada yg ga bener ya di benerin. Klo ud benerin masih di jauhin? Yah tetep baik aja ke mereka semua. Go find new friends, tp jgn lupakan orang – orang yang ada di sekeliling kamu skrg. Friends are valuable. Sebelon kamu mau orang anggep kamu temennya, kamu harus anggep mereka sebagai teman dulu.

Intinya, perbaiki hubungan dengan teman yang udah ada, sambil tidak menutup kemungkinan untuk menambah teman baru yang mungkin bukan dari komunitas mu yang skrg. Seiring waktu setelah kamu improve diri kamu, pasti otomatis orang – orang yang dulu anggep kamu aneh ato culun bakal baik ma kamu. Coba deh :P
2. Tuhan adalah teman setiamu

Buat kamu yang percaya, tentu tahu kalau Tuhan adalah teman kita yang paling setia. Cuman kadang klo pas lagi seneng, pas lagi ada temen yang bisa di “lihat”, kita cenderung melupakan Tuhan. So skrg ceritanya kamu kesepian? Tuhan welcome kamu koq. Berdoa dan minta pertolongannnya buat ngatasin kesepian kamu dan masalah persahabatan kamu. Pasti di tolong. Alangkah baiknya ketika kamu uda ga kesepian sekalipun, tetep jadiin Tuhan temenmu. Dia yang akan selalu bersama mu di kala senang maupun susah. Dia selalu ada buat kita. Cuman masalah kita mau atau enggak jadiin Dia temen kita. Well… klo masalah ini.. ga usa gw cerita panjang lebar. Biar Kuasanya yang langsung bekerja dan anda bisa rasakan sendiri langsung.
3. Cari kesibukkan!

Point ini meskipun jadi nomor 3, tp ga kalah pentingnya ma yang di atas! Gw merasa banget pas kesepian itu gw ga ada kerjaan! Logika aja, klo semua orang ada kerjaan tp kita ga ada, otomatis kita ga di ladenin donk. Dan we feel bad about that. Lain ceritanya klo kita ada kesibukan/kegiatan. Dalam kegiatan pasti kan kita kerjainnya ga sendiri, kita bs ketemu orang – orang, bekerja bersama mereka. Dan yang lucunya… kita jadi ga punya waktu buat mengingat klo kita kesepian. Ya karena memang udah ga sepi.

Wah maaf nih, otak lagi agak stuck… ntar di lanjutin lagi ya posting ini. Kasih comment dulu jg gpp :>

Gw juga masih belajar nih mengenai cara mengatasi kesepian. Tips - tips di atas adalah cara yang gw uda uji coba ampuh dalam hidup gw. Moga” juga bisa jadi jawaban buat masalah kesepian kalian. Klo ada pengalaman yg menarik, share di comment sini yah ^^

Wassalam...

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komenter Kamu

Kumpulan Situs Penting
My Photo
Watampone
Dengan segala kerendahan hati kami mohon maaf atas segala kekurangan kami. Blog ini dibuat hanya untuk saling memberi sedikit informasi kepada teman-teman. Tak ada sedikitpun di dalamnya bertujuan untuk sebuah materil Berkarya tanpa batas, tanpa penindasan